Membuat Server Pertama Node.js

Bagi pengguna Apache dan Lighttpd akan merasa ada perbedaan dengan 'Node.js', karena 'Node.js' adalah bahasa javascript yang diangkat menjadi bahasa sisi-server atau bahasa daerah nya adalah "Server Side", Node.js memiliki pustaka (library) 'Http' sendiri, sehingga dapat menjalankan webserver tanpa menggunakan program webserver seperti Apache dan Lighttpd (dikutip dari wikipedia tentang node.js) :D.

Bagaimana menjalankan Node.js

Masuk ke web "nodejs.org" download node.js sesuai dengan sistem operasi, dan install. Setelah selesai jalankan terminal(linux) atau command prompt(windows) dan jalankan perintah node -v, jika muncul versi maka Node.js sudah terinstall. Baiklah, disini saya hanya membahas tentang membuat server dan arti kode server yang akan dibuat. Buatlah file dengan nama server.js dan masukan kode ini;
var http = require('http'); //module http yang sudah bawaan node.js

function onRequest(request, responses){
    console.log("Pengguna membuat permintaan " + request.url); //ini akan ditampilkan pada log
    responses.writeHead(200, {"Context-Type": "text/plain"}); //respon 200 yg artinya halaman tersedia
    responses.write("Ini adalah respon dari permintaan"); //respon dari permintaan
    responses.end(); //mengakhiri permintaan

}

http.createServer(onRequest).listen(8888); //menjalankan fungsi onRequest dan membuat server berjalan pada port 8888
console.log("Server sedang berjalan...");

Menjalankan Kode (Running).

Menjalankan atau mengeksekusi kode dengan cara membuka terminal pengguna os linux atau command prompt pada pengguna os windows, dan masukan perintah ;
node server.js
Maka dengan begitu server berjalan, dan hasilnya pada terminal akan menampilkan;
Server sedang berjalan...
Pengguna membuat permintaan/
Pengguna membuat permintaan/favicon.ico
  Dan jika kita membuka browser dan menjalankan http://localhost:8888 akan menampilkan seperti gambar dibawah ini ; server sederhana node js

Pembahasan.

595313db37b222d68fb731c92b52ab466313d47c0677d2313012d7841da49ed9 Oke mari kita bahas baris per baris pada kode server.js yang telah kita buat. Karena biar jelas dan mengerti sifat dari node.js dan mendalami nya.

require('http');

var http = require('http');
Pada kode diatas require('http') adalah modul bawaan atau yang disebut pustaka (library) dari node.js inilah yang menjalankan server. Dimana aplikasi "node.js" dapat menjalankan server sendiri dengan menggunakan modul ini.

createServer

http.createServer(onRequest).listen(8888);
Kita loncat ke baris ke 11, disini menjalankan fungsi onRequest dan membuat server berjalan pada port 8888

Server sedang berjalan...

console.log("Server sedang berjalan...");
Baris ke 12, disini kita cuma menampilkan sebuah pesan bahwa server.js sedang running. Dan menandakan bahwa server dari server.js sedang berjalan.

Request dan Responses

function onRequest(request, responses){
}
Kembali ke baris ketiga, terlihat disana dua parameter 'request' dan 'responses'. Parameter ini bisa diubah sesuai kehendak developer, dan yang pasti nya ada dua permintaan dan respon dari permintaan client. Dimana request adalah client masuk ke halaman web, dan kita menampilkan data yang disebut responses tersebut.

request.url

console.log("Pengguna membuat permintaan " + request.url);
Ini akan ditampilkan pada log, dimana pada saat client masuk ke halaman tertentu, maka akan ditampilkan sebagai log di terminal (command prompt pada windows).
    responses.writeHead(200, {"Context-Type": "text/plain"});
    responses.write("Ini adalah respon dari permintaan");
    responses.end(); //mengakhiri permintaan
Responses bari pertama adalah respon 200 yg artinya halaman tersedia, seperti halaman 404 adalah halaman yang tidak tersedia bagi client. Responses baris kedua adalah respon dari permintaan, disini kita menampilkan tulisan di web browser, atau data yang akan ditampilkan. Yang terakhir kita mengakhiri permintaan, mengakhiri perintah responses. Sekian, Terima Kasih. Jika ada pertanyaan, silahkan masukan commentar :)


Popular posts from this blog

Otentikasi Facebook login dengan menggunakan Laravel Socialite

List perusahaan AI terbaik 2022